Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Misoprostol

blogger templates


CARA PEMAKAIAN OBAT MISOPROSTOL

Dimana aborsi dilarang, obat Misoprostol hanya boleh dipakai untuk menggugurkan kandungan. Menggunakan obat Misoprostol sembarangan bisa membahayakan kesehatan Anda!
Untuk menggugurkan kandungan, Anda harus menaruh 4 pil 200 mikrogram Misoprostol (total 800 mikrogram) di bawah lidah Anda. Jangan menelan! Biarkanlah pil-pil tersebut di bawah lidah paling sedikit 30 menit sebelum ditelan.
Ulangilah cara tersebut setiap 3 jam (total 3x4 pil = 12 pil).

(3 jam kemudian, taruhlah lagi 4 pil 200 mikrogram Misoprostol di bawah lidah Anda. Jangan menelan!

3 jam kemudian, taruhlah lagi 4 pil 200 mikrogram Misoprostol terakhir di bawah lidah Anda. Jangan menelan!)
Tingkat keberhasilan aborsi dengan cara ini 80%- 90%.

Setelah mengambil dosis pertama obat Misoprostol, Anda bisa merasakan kram (kejang) dan mulai berdarah. Pendarahan biasanya mulai 4 jam setelah menggunakan pil, tetapi kadang-kadang bisa lebih lambat. Pendarahan merupakan tanda pertama bahwa pengguguran kandungan terjadi. Jika pengguguran berlanjut, perdarahan dan kram akan lebih parah. Perdarahannya akan lebih banyak daripada menstruasi biasa dan bergumpalan atau bergelintir. Semakin lama kehamilan, semakin banyak kram dan perdarahan. Jika aborsi telah selesai, kram dan perdarahan akan berkurang. Saat aborsi terjadi bisa dilihat dengan puncak sakitnya dan banyaknya kram dan perdarahan. Tergantung pada usia kehamilan, mungkin Anda juga bisa melihat kantung kehamilan kecil dengan beberapa jaringan di sekelilingnya. Sebagai contoh, bila Anda hanya 5-6 minggu hamil, Anda tidak akan melihat kantung kehamilan. Bila Anda 9 minggu hamil, Anda akan melihat kantung kehamilan di antara darah.

Jika tidak ada perdarahan setelah dosis ketiga, aborsi gagal dan Anda harus mencoba lagi dalam beberapa hari atau pergi ke negara dimana aborsi tidak dilarang atau mencari dokter yang mau menolong Anda.

Jika Anda ingin meringankan rasa sakit, gunakanlah analgesik seperti Parasetamol.

(Von Hertzen H, ea WHO Research Group; Efficacy of two intervals and two routes of administration of misoprostol for termination of early pregnancy: a randomised controlled equivalence trial, Lancet. 2007 Jun 9;369(9577):1938-46. )
Perdarahan setelah aborsi

Perdarahan bisa berlangsung 1-2 minggu setelah aborsi, tetapi kadang-kedang lebih pendek atau lebih lama. Menstruasi biasa kembali dalam 4-6 minggu.

Memastikan bahwa aborsi berhasil
Kadang2 wanita bisa mengalami pendaharan tanpa menggugurkan kandungan. Oleh karenanya sangat penting untuk memastikan bahwa aborsi benar-benar berhasil. Tes kehamilan akan menunjukkan negatif setelah 2-3 minggu. Jadi jika memungkinkan, lakukanlah USG 1 minggu setelah aborsi untuk memastikan bahwa kandungan kosong.
EFEK SAMPING

Efek  samping yang paling umum adalah rasa mual, muntah-muntah dan diare. Anda mungkin juga demam. Akibat samping biasanya lebih ringan bila obat Misoprostol digunakan lewat vagina.KAPAN HARUS MENGABARI DOKTER ATAU PERGI KE RUMAH SAKIT Kalau perdarahan berat

Pendarahan berat adalah pendarahan yang berlangsung lebih dari 2-3 jam dan membasahi lebih dari 2-3 pembalut saniter yang besar per jam. Merasa pusing adalah tanda bahwa Anda kehilangan terlalu banyak darah dan bahaya buat kesehatan Anda.Jika pendarahan berat tidak berkurang setelah 2-3 jam, berarti aborsi tidak lengkap (masih ada sisa2 kehamilan di kandungan) dan Anda perlu perawatan medis. Hal ini bisa terjadi beberapa jam setelah mengambil obat Misoprostol tetapi juga lebih dari 2 minggu setelah aborsi. Jika ini terjadi, Anda perlu pergi ke rumah sakit terdekat atau memberitahu dokter.

Di negara2 dimana aborsi dilarang, dokter atau perawat kadang-kadang akan melaporkan Anda ke polisi. Jika memungkinkan, disarankan untuk segera memberitahu dokter yang Anda percaya. Di negara-negara dimana Anda bisa dituntut karena melakukan aborsi, Anda tidak perlu memberi-tahukan staf medis bahwa Anda ingin sengaja menggugurkan kandungan. Anda juga bisa mengatakan bahwa keguguran terjadi alamiah atau spontan. Dokter TIDAK BISA melihat perbedaannya. Cara rawatnya sama, lewat kuretase atau aspirasi vakum, dokter akan mengosongkan kandungan. Dokter wajib untuk membantu dalam semua kasus.
Jika Anda demam

Rasa panas-dingin merupakan efek samping yang normal dari obat Misoprostol. Tetapi jika Anda demam (> 38 derajat Celsius) selama lebih dari 24 jam atau Anda mengalami demam lebih dari 39 derajat, segera beritahukan dokter karena mungkin aborsi tidak tuntas dan Anda perlu merawatkan infeksi dengan antibiotik atau aspirasi vakum.

Jika obat Misoprostol tidak mempan

Jika obat Misoprostol tidak mengakibatkan pendarahan atau pendarahan hanya sedikit tetapi kehamilan berlanjut, ada risiko cacat lahir seperti kelainan bentuk tangan atau kaki atau masalah saraf janin bila kehamilan dilanjutkan setelah mencoba aborsi dengan obat-obat ini. Karena ada risiko cacat lahir ini, Anda harus segera menghubungi dokter dan melakukan aspirasi vakum, jika aborsi dengan obat Misoprostol gagal.

Anda bisa mengatakan bahwa keguguran terjadi alamiah atau spontan. Di negara-negara dimana Anda bisa dituntut karena melakukan aborsi, Anda tidak perlu memberitahukan staf medis bahwa Anda ingin sengaja menggugurkan kandungan. Dokter TIDAK BISA lihat perbedaan-nya.

Jika aborsi tidak tuntas, Anda memerlukan kuretase atau aspirasi vakum dimana dokter akan mengosongkan kandungan. Dokter wajib untuk membantu dalam semua kasus. UNTUK MASA DEPAN

Pakailah alat kontrasepsi yang benar untuk mencegah kehamilan yang tidak diinginkan. IUD atau spiral bisa dipasangkan oleh dokter setelah pendarahan selesai dan tes kehamilan negatif atau USG menunjukkan bahwa kandungan kosong.Kontrasepsi oral bisa digunakan setelah pendarahan selesai tetapi tidak akan benar-benar aman di bulan pertama. Pakailah kontrasepsi tambahan seperti kondom untuk perlindungan ekstra selama bulan pertama.

0 Response to "Cara Menggugurkan Kandungan Dengan Misoprostol"

Posting Komentar

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free