Cara Menghitung Usia Kehamilan

blogger templates
 Cara Cek Usia Kehamilan
Cara Menghitung Usia Kehamilan - Untuk mengecek usia kehamilan, pasien diharapkan membaca dulu cara mengecek kehamilan agar dapat dipastikan bahwa pasien positif hamil.

Jika sudah dipastikan pasien positif hamil, maka pasien bisa melakukan cek kehamilan seperti berikut :

Untuk mengetahui kapan tanggal umur kehamilan seorang wanita tepat di bulan keberapa, kita bisa menghitungnya sejak kapan ibu mengalami haidnya yang terakhir. Contoh, bila ingin tahu usia kehamilan 4 bulannya tanggal berapa, tambah saja 112 hari/4 bulan sejak tanggal hari pertama haid terakhirnya. Bila tanggal hari pertama haid terakhir seorang wanita tgl 1-7-2011, maka 112 hari (4 bulan) kemudian sejak tanggal tsb. Umur kehamilannya berusia 4 bulan. Jadi bila seorang wanita hari pertama haid terakhirnya tgl 1-7-2008, maka umur kehamilan 4 bulannya sekitar tgl 21 Oktober 2011 (112 hari/4 bulan kemudian).

Namun cara ini merupakan cara yang bisa diterapkan pada ibu dengan siklus haid yang normal dan teratur. Pada ibu dengan siklus haid yang terlalu lama atau terlalu singkat dan pada ibu dengan siklus haid yang tidak teratur, cara ini kurang tepat. Untuk mengetahui umur kehamilan cara lain bisa dengan pemeriksaan USG oleh dokter ahli Kandungan dan Kebidanan. Dokter akan memperkirakan umur kehamilan berdasarkan perkiraan berat badan janin juga lingkar kepala janin.Jadi kesimpulannya, menghitung umur kehamilan itu dimulai sejak tgl hari pertama haid terakhir, bukan sejak tgl ibu tidak haid.

Untuk menghitung umur kehamilan juga bisa dilakukan secara online KLIK DISINI

0 Response to "Cara Menghitung Usia Kehamilan"

Posting Komentar

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free Ping your blog, website, or RSS feed for Free